Sep 23, 2010

MODUL 1.1 – BESARAN DAN SATUAN (1)- PENGENALAN BESARAN DAN SATUAN - FISIKA KELAS 7

MODUL 1.1 – BESARAN DAN SATUAN (1)- PENGENALAN BESARAN DAN SATUAN - FISIKA KELAS 7

Santi membeli satu botol air mineral di warung. Volumenya 1 liter.

Dari kalimat di atas, ada istilah volume. Dalam fisika, volume termasuk salah satu contoh dari besaran. 1 menunjukkan nilai volume air tersebut. Sedangkan satuan air dalam kalimat di atas dinyatakan dalam nilai.

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki nilai yang biasa dinyatakan dengan angka, serta memiliki satuan.

Pengukuran merupakan salah satu ilmu paling mendasar dalam ilmu pengetahuan alam. Ada berbagai jenis alat ukur termasuk yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat kita memasak di dapur, kadang kita memerlukan gelas ukur untuk menakar volume air, minyak ataupun terigu.

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah mengenal berbagai jenis besaran, beserta satuan dan alat ukurnya.

Mari kita baca kisah di bawah ini, dan lihat apakah kamu bisa mengidentifikasi besaran-besaran yang ada di dalam kisah di bawah ini. Ada besaran apa saja? Beraa nilainya? Apa satuannya? Dan apa alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran tersebut?

ANISAH TERKENA DEMAM
Anisah terbangun dengan tubuh mengigil. Memang di luar sedang hujan. Kalau hujan, memang udara sering terasa dingin. Meskipun begitu, Anisah merasa bahwa tubuhnya mengigil bukan hanya karena cuaca sedang hujan tetapi karena ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhnya. Ia merasa mual. Ia menyentuh kepalanya. Panas.

“Ibu, kayaknya tubuh Anisah panas deh,” katanya pada ibu. Ibu pun menyentuh kepala dan leher Anisah. Benar, panas.

“Coba kita ukur temperatur tubuhmu dengan termometer,” kata ibu sambil meletakkan sebuah termometer di ketiak Anisah.

“Ini lihat, temperatur tubuhmu mencapai 39° C,” kata ibu terlihat sedikit khawatir
“Coba minum air putih yan banyak. Biasanya meminum air putih yang banyak bisa membantu menurunkan temperatur tubuh,” kata ibu sambil meletakkan 1 liter air di meja sebelah tempat tidur Anisah Sudah 3 jam berlalu. Suhu tubuh Anisah masih panas, akhirnya ibu menyimpulkan bahwa sebaiknya mereka pergi ke dokter.

“Dokter Dinda membuka praktek sekitar 36 kilometer dari sini ayo. Ibu akan mengantarmu ke sana,” kata ibu.

Anisah dan ibu masuk ke dalam mobil. Ibu yang menyetir. Tetapi, ternyata jalanan cukup padat. Ibu mengintip speedometer. Kecepatan mobil hanya berkisar antara 20 sampai 30 km/jam. Ternyata dibutuhkan waktu 1 jam untuk sampai ke tempat praktek dokter Dinda. Sampai di sana, seorang perawat menyapa Anisah, “Sebelum menemui dokter Dinda, mari kita ukur massa dan tinggi badanmu.”

Anisah menaiki timbangan. Massa tubunya 45 kg dan tinggi tubuhnya 110 cm. Wah ia sudah bertambah tinggi.

“Anisah, silakan masuk,” sang perawat mempersilakan Anisah masuk ke ruang praktek Dokter Dinda. Dokter Dinda melakukan pemeriksaan dengan seksama dan mengajukan beberapa pertanyaan. Menurut dokter, Anisah mengalami infeksi saluran pencernaan. Ia menuliskan resep. Ada dua jenis obat. Yang satu berupa kapsul yang harus diminum 3 kali dalam sehari dan yang satunya lagi berupa obat cair. Anisah harus meminumnya 2 kali sehari dengan takaran 5 ml sekali minum.

“Mudah-mudahan lekas sembuh yah,” kata dokter saat Anisah dan Ibu pamit untuk pulang.


Dari cerita di atas, besaran apa saja yang kamu temui? Apa satuannya? Adakah alat ukurnya? Kalaupun ada apakah alat ukurnya?

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas dengan mengisi tabel berikut :
BESARAN NILAI SATUAN ALAT UKUR
Temperatur 39 °C Termometer

No comments: