May 6, 2011

Rekomendasi untuk Mbak Yu

Saya sedang membuatkan surat rekomendasi untuk seorang teman saya yang sedang berada di luar negeri. Di beberapa negara tertentu, proses untuk melamar pekerjaan tidak bisa hanya dilakukan dengan mengirimkan CV, surat lamaran. Biasanya saat seorang melamar pekerjaan (baik pekerjaan berbayar dan sebagai relawan), harus ada orang lain (rekan kerja, dosen, dan sebagainya) yang menuliskan surat rekomendasi untuk kita.

Ini ada beberapa hal yang saya pelajari waktu dulu melamar kerja di luar negeri (dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi):
(1) Kita akan lebih dihargai kalau kita memiliki pengalaman kerja, daripada sekedar lulusan S2 atau S3 tanpa pengalaman kerja sekalipun. Pengalaman kerja ini bisa dengan menjadi pekerja di restaurant atau bar, pengalaman volunteering, dan sebagainya. Salah sebuah majalah yang saya baca pernah menuliskan, "When you work in a supermarket, it means that you learn to deal with customers, you learn how to use your time effectiively, deal with stress, and much more"
(2) Di beberapa tempat untuk menjadi relawan saja, bukan hal yang mudah karena kita harus bersaing dengan banyak orang. Untuk mendaftar menjadi relawan, misalnya di sebuah charity shop, atau untuk bekerja melayani imigran, dan sebagainya, kita akan membutuhkan 2 -3 surat rekomendasi, melakukan wawancara kerja, dan jugaterkadang kita harus mengisi formulir berisi begitu banyak pertanyaan, misalnya mengenai pengalaman kerja dan berorganisasi, jenis tanggung jawab yang pernah dipegang, kelebihan kita, skil kita, dan lain-lain. Ini untuk memastikan kita adalah orang yang jujur, berkomitmen, dan juga bertanggung jawab.
(3) Biasanya kriteria untuk dapat bekerja (baik sebagai relawan maupun pekerja) diantaranya :bertanggung jawab, mempunyai emotional stability (tidak labil dan mood-mood-an), bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan berbagai jenis orang, memiliki motivasi yang tinggi, bisa bekerja dalam tim, menyadari keterbatasan diri sendiri tetapi bisa menghadapinya.

No comments: