Memanfaatkan Goole Books

Beberapa guru, terutama yang sedang sekolah lagi, sering menanyakan pada saya mengenai bahan-bahan untuk penelitian. Menurut saya untuk bahan terkait penelitian, saya lebih suka membaca jurnal dan buku, ketimbang membaca artikel di website.

Artikel di website saya gunakan untuk menemukan "kata-kata kunci" yang kemudian saya cari lagi di buku. Untuk keperluan ini saya senang menggunakan google books ( http://books.google.co.id/bkshp?hl=id&tab=wp )

Saya tinggal mengetikkan kata kunci ke dalam kotak 'search' dan saya bisa menemukan buku terkait kata kunci.

Misalnya saat saya mengetikkan kata "reflexive teaching" saya bisa menemukan 33.400 buku terkait reflexive teaching. Banyak banget kan?

Meskipun begitu, salah satu kelemahan dari google books adalah bahwa kita jarang bisa menemukan buku yang bisa kita baca dari depan ke belakang secara utuh. Biasanya kita hanya diperkenankan membaca beberapa bab saja (atau ada buku-buku yang tidak bisa kita baca sama sekali). Kita juga tidak bisa men-download buku dan harus membacanya sambil online. Ini berbeda dengan e-book yang seluruh bukunya bisa didownload dan bisa kita baca dalam keadaan off-line.

Meskipun begitu saya tetap merasakan manfaat yang besar dengan adanya google books. Kemudahan melakukan searching topik sangat membantu saya mencari bahan apapun yang saya inginkan. Membaca beberapa bab dari berbagai buku terkait tema yang sama bisa membantu saya memperdalam pemahaman saya mengenai topik tertentu. Beneran deh, lumayan banget loh! Mau mencoba?

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah