Menggunakan igoogle

Belum lama ini, dua orang teman saya menyeletuk, "Puti nih kok selalu nemu sih berita pendidikan [yang gak umum maksudnya]. Dapat dari mana sih?"

Heheh saya senyum-senyum sendiri. Kesannya sih saya rajin men-searching berita. Padahal sih, enggak sama sekali. Sebenarnya, sayadibantu oleh sebuah mesin. Yang mencari berita adalah teknologi. Saya hanya menikmati hasilnya. Tetapi saya memang cukup cepat mengupdate berita pendidikan dari berbagai media online. Karena itulah dalam sehari saya bisa memposting sekitar 5 - 10 berita pendidikan ke mailing list yang berkaitan dengan pendidikan. Bagaimana caranya?

Itu berawal dari ketika saya pertama menggunakan feature igoogle yang bisa dibuka di website http://www.google.co.id/ig

Dengan menggunakan feature igoogle saya bisa membuat semacam homepage sendiri. Sekali buka site tersebut saya bisa memampang email (google), chatting, facebook, sekalian. Bukan hanya itu saya bisa menambah feature lain sesuka hati saya. Di sebelah kanan atas ada tuliskan tambahkan feature.

Di sana saya menambahkan feature google reader, google news, time, bahkan konverter (untuk mengkonversi satuan).

Dengan google reader, saya dapat mendaftarkan blog teman-teman saya, sehingga saat saya membuka igoogle secara automatis, akan ada tampilan semua blog teman saya yang paling baru ter-update. Sedangkan untuk berita pendidikan yang terbaru, saya menggunakan feature google news.

Di sebelah kanan atas bagian google news. ada lambang (+). Saya bisa menambahkan kata kunci apapun yang saya suka, misalnya 'kurikulum pendidikan', 'kurikulum tingkat satuan pendidikan', 'pendidikan indonesia', 'peningkatan kualitas guru', dan sebagainya. Dan aha, secara otomatis, setiap hari saya bisa langsung ter-update dengan berita-berita yang berkaitan dengan kata-kata kunci yang saya masukkan.

Memang hanya sati feature sederhana, tetapi semoga tips yang saya bagikan ada manfaatnya. :)

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Mengenal Enam Prinsip-prinsip Dasar Pengajaran Matematika di Sekolah NCTM (2000)