Mengajar bahasa Inggris

Hari ini pertemuan ke-4 saya mengajar bahasa Inggris di sebuah akademi Farmasi. Saya mengajar mahasiswa tingkat 2. Tujuannya adalah agar mahasiswa-mahasiswa ini dapat berbicara dalam bahasa Inggris dan memiliki vocabulary yang memadai menyangkut bidangnya (terkait kesehatan, obat-obatan, bagian tubuh, dan sebagainya).

Terus terang, mengajar bahasa Inggris cukup menantang bagi saya. Hal ini disebabkan karena saya sudah bilingual sejak usia yang sangat muda. Saya tidak pernah merasa belajar bahasa dari nol. (Kecuali sedikit bahasa Sunda secara informal). Saya tidak tahu rasanya belajar berbahasa dari dasar? Sejak saya kecil saya sudah terbiasa berbicara dengan kedua bahasa (Indonesia dan Inggris) sekaligus.

Saya merasa memiliki kemampuan untuk mengajar fisika atau matematika bukan hanya karena saya memang memelajari kedua bidang tersebut dengan serius, tetapi karena saya juga masih ingat kesulitan-kesulitan saya saat belajar kedua bidang ini. Saya juga bisa membayangkan, apa yang membuat saya lebih mudah memahami kedua bidang tersebut. Saya bisa membayangkan sistematika, 'ini lebih mudah', 'ini lebih sulit', dan tahapan-tahapan yang diperlukan untuk bisa memahami kedua bidang tersebut. Saya memang memelajari kedua bidang ini secara sistematis. Itu membuat saya merasa lebih bisa mengajar kedua bidang itu.

Untuk bahasa, tampaknya saya tidak memperoleh pengalaman yang sama. Baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Sementara saya masih mencari cara terbaik untuk mengajar bahasa Inggris. Mudah-mudahan saya menemukan pola yang paling pas.

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)