What's next?

Selama lebih dari 3 tahun saya sangat fokus menekuni satu isu. Saya sangat disiplin membaca berbagai referensi mengenai isu itu. Setidaknya dalam 1 hari saya berusaha membaca seputar topik itu. Saya memiliki buku khusus, isinya semua catatan akan isu tersebut baik dari buku, jurnal, media massa, dan sebagainya. Di dalamnya saya juga menyisakan satu bagian khusus untuk refleksi terkait isu. Saya sangat fokus sampai akhirnya saya berhasil merangkai semua pemikiran saya dengan kata-kata. Baik yang tersebar ntah di mana di tulisan-tulisan saya di internet maupun yang terdokumentasi dengan baik di dalam sebuah paper.

Sekarang, saya rasanya harus kembali menemukan isu-isu yang mau saya pelajari dengan serius. Saya harus mulai tekun seperti sebelumnya, membaca sebanyak-banyaknya mengenai isu tersebut tanpa lupa memperluas wawasan di bidang-bidang lain. But what's next? What is the next issue I will be so passionate about? Still searching.

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)