Dec 3, 2010

Parasit Sosial??????

PENGETAHUAN HIV/AIDS DIINTEGRASIKAN KE SISTEM PEMBELAJARAN
http://www.depkominfo.go.id/berita/bipnewsroom/pengetahuan-hivaids-diintegrasikan-ke-sistem-pembelajaran/

Jakarta, 01/12/2010 (Kominfo-Newsroom) Sekolah adalah media palingmudah untuk menyampaikan sosialisasi pengetahuan tentang penyakitHIV/AIDS. Dengan adanya akses ke seluruh jenjang pendidikan, makakesempatan untuk menumbuhkan kesadaran tentang bahaya HIV/AIDSsemakin terbuka.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas)Mohammad Nuh, usai membuka peringatan Hari AIDS Sedunia 2010 diKantor Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Rabu(1/12). “Integrasikan pengetahuan tentang HIV/AIDS ke dalam sistempembelajaran. Tidak dalam mata pelajaran tersendiri, tetapidiintegrasikan dalam pelajaran Agama, Sejarah dan Biologi,” jelasMendiknas.

Peringatan kali ini sekaligus meluncurkan buku 100 puisi karyasiswa bertema akses universal dan hak azazi manusia. Mendiknasmenjelaskan pengetahuan tentang HIV/AIDS juga dapat dimasukkan kedalam kegiatan ekstrakurikuler dan melengkapi bahan informasi diperpustakaan sekolah, serta membagikan secara cuma-cuma ke siswa.”HIV/AIDS asal muasalnya disebabkan oleh parasit sosial. Makasolusi yang paling tepat adalah solusi sosial,” katanya.

Solusi sosial dilakukan dengan menempatkan perilaku pada posisiyang benar. Masyarakat perlu dibangkitkan kesadarannya untukberperilaku sosial yang benar. “Insya Allah 70-80 persen urusanHIV/AIDS bisa diselesaikan. Sisanya adalah kontaminasi akibatsecara tidak langsung dari perilaku penyimpangan sosial tadi,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI JakartaTaufik Yudi Mulyanto mengatakan peringatan Hari AIDS Sedunia diProvinsi DKI Jakarta dirangkai dengan beberapa kegiatan dengan temaJakarta Stop AIDS. Sebanyak 400 siswa duta stop AIDS bertugasmenyampaikan informasi tentang HIV/AIDS. “Tidak hanya di lingkungansekolah, tetapi juga ke rumah,” katanya.(T.Ad/dry)

No comments: