Belajar di Coursera (1)

Menyelesaikan kelas di Coursera ( https://coursera.org ) memang butuh disiplin tinggi. Di tengah kesibukan ini itu, setidaknya setiap minggu kita harus menyediakan waktu untuk mendengarkan kuliah, mengerjakan tugas dan kuis.

Berbeda dengan teman saya, Ibu Amelia Kesuma, guru inspiratif dari Salatiga (lihat : http://www.ameliasari.com/2012/09/saya-keranjingan-belajar-di-coursera.html ) , saya belum pernah menamatkan satu pun kelas di coursera. Waktu awal tahu tentang coursera, saya mendaftar 3 kelas sekaligus. Maruk? Iya! Tamat? Ngak! Bahkan untuk masing-masing kelas saya hanya sekali saja melihat video pembelajaran. Ngerjain tugas ngak, apalagi ikut kuis. Payah banget deh!

Daripada rakus seperti sebelumnya tapi tidak ada kemajuan , akhirnya saya memilih mengambil satu kelas dalam waktu tertentu. Tapi itu pun tak pernah saya tamatkan, meskipun dibandingkan sebelumnya, saya jadi lebih banyak menonton video pembelajaran, membaca, dan pernah sesekali mengerjakan tugas dan kuis. Tapi belum sampai tamat.

Kali ini saya benar-benar punya target menamatkan satu kelas di Coursera. Minggu ini saya akan memulai kelas "American Education Reform: History, Policy, Practice" yang difasilitasi oleh Mike dan John, dua profesor dari Graduate School of Education, University of Pensylvania. 

Kenapa saya ambil kelas ini? Ngapain belajar tentang reformasi pendidikan di negara lain, dalam hal ini Amerika Serikat? Pada dasarnya, sih ingin belajar saja. Saya memang tertarik pada reformasi pendidikan.  Selain itu, menurut saya tak ada salahnya belajar tentang reformasi pendidikan di konteks lain, yang bukan Indonesia. Belajar reformasi pendidikan di negara apapun akan tetap menarik bagi saya. Toh apapun yang saya pelajari, pasti akan saya refleksikan terhadap konteks di Indonesia. Apakah saya akan berhasil menamatkan kelas ini? Mudah-mudahan saya cukup disiplin yah. Kalau berhasil tamat (ataupun tidak), I'll let you know

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah