Jul 15, 2011

Penjumlahan Bilangan Bulat (Pola)


Banyak guru SD yang saya temui menyanyakan saya bahwa siswa sering kebingungan saat melakukan penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat, apalagi kalau melibatkan bilangan negatif, seperti :
3-4
3- (-4)
3+(-4)
-3 - 4
-3- (-4)

Selain menggunakan garis bilangan saya punya tips lain yakni mengajak siswa melihat pola, misalnya saat sebuah bilangan dijumlahkan dengan sebuah angka. Misalnya, angka tiga dijumlahkan dengan angka yang semakin lama semakin mengecil. Tetapi, perbedaannya tetap, misalnya satu.
Siswa bisa belajar bahwa, semakin lama bilangan yang dihasilkan semakin kecil. Menurut saya, meskipun sederhana, metode ini cukup penting karena mengajak siswa mengamati pola.

PS : Ide ini datang setelah obrolan saya dengan Mbak Danti

1 comment:

mbak dan said...

bener banget put.. ini adalah bentuk penjelasan penjumlahan dan perkalian bilangan bulat yang sangat sederhana. cara ini aku pakai juga untuk menerangkan mengapa bilangan berpangkat negatif itu artinya menjadi penyebut dari pecahan. banyak yang ngga paham padahal hal ini sangat konseptual.. terima kasih untuk selalu berbagi yang asyik-asyik!! :D