Jul 5, 2018

Program Pendidikan Orang Tua bernama Criança Feliz di Brazil



Criança Feliz,  berarti anak-anak yang bahagia, adalah sebuah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Brazil yang diresmikan pada 5 Oktober 2016. Kebijakan ini disasar pada penduduk yang paling miskin di Brazil. Apa yang dilakukan? Pada dasarnya pemerintah Brazil menyediakan pekerja sosial secara masal yang wajib berkunjung secara rutin ke rumah ibu-ibu hamil dan orang tua yang memiliki anak. Untuk orang tua yang memiliki anak di usia  0 - 3 tahun, kunjungan dilakukan sekali seminggu, sedangkan untuk orang tua yang memiliki anak usia 3 - 6 tahun, kunjungan dilakukan setiap 15 hari sekali. 

Apa yang dilakukan oleh para pekerja sosial ini? Pekerja sosial ini mengajarkan dan memberikan contoh mengenai cara bermain dan berbicara dengan anak-anak. Tentu, saja semua pekerja sosial ini telah dibekali dengan berbagai pelatihan. Juga tersedia modul yang digunakan sebagai panduan untuk melakukan pendidikan untuk orang tua ini. Pekerja-pekerja sosial ini juga dibekali dengan kemampuan untuk membuat mainan sendiri, misalnya mainan untuk melatih sensomotorik anak yang dibuat dari botol bekas, mainan untuk belajar warna dari karton bekas, dan sebagainya. Mainan-mainan ini dibawakan ke rumah-rumah yang dikunjunginya. Orang tua diajarkan cara memainkannya bersama anak. Para pekerja sosial juga bertanggung jawab untuk mengajarkan orang tua cara bertanya, memuji perkembangan anak, melakukan kontak mata dengan anak, dan caranya memberikan perhatian emosional kepada anak. 

Kunjungan-kunjungan rutin ini juga memungkinkan terbangunnya hubungan yang manusiawi antara pekerja sosial dan orang tua anak. Dalam konteks-konteks tertentu, orang tua anak punya masalah-masalah yang sulit dipecahkannya sendiri. Sebagai contoh, ada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan tidak punya akses untuk mencari terapis. Pekerja sosial akan membantu mencarikan akses ke terapis sehingga bisa membantu anak-anak dan orang tua yang membutuhkan.

Kini Criança Feliz telah mengapai 300,000 keluarga. Targetnya, pada 2020, program ini berhasil menyentuh 4 juta ibu hamil dan anak-anak.

Membaca artikel dan menonton video mengenai Criança Feliz di sini ( https://qz.com/1298387/brazils-wildly-ambitious-incredibly-precarious-program-to-visit-every-poor-mother-and-change-their-childrens-destiny/?utm_source=qzfb ) mengingatkan saya pada seorang teman bernama Ibu Melly Kiong. Ibu Melly Kiong adalah seorang yang setiap hari berusaha mendekatkan diri pada sebanyak mungkin orang tua.  Ibu Melly Kiong selalu mengajak orang tua untuk belajar dan belajar lagi menjadi orang tua yang lebih baik. Mungkin suatu hari gerakan Ibu Melly Kiong akan berpengaruh lebih luas dan bahkan bisa menjadi kebijakan nasional, semasal program Criança Feliz. Siapa tahu. :)

No comments: