Jul 2, 2018

Menonton "Cita-citaku Setinggi Tanah"


Cita-citaku setinggi tanah ( trailer: https://www.youtube.com/watch?v=EZ3-XpOGFb0 ) sebenarnya adalah film tahun 2012. Namun, saya baru kesampaian menontonnya kemarin. Kemarin, film tersebut diputar di Kinosaurus, Jakarta. Film ini mengenai seorang anak bernama Agus yang berusaha keras mewujudkan cita-citanya.

Guru sekolahnya Agus memberikan sebuah tugas yang harus dikumpulkan di akhir semester. Tugasnya adalah menulis karangan tentang cita-cita. Cita-cita Agus tidak muluk-muluk seperti ingin jadi dokter, pilot, artis. Cita-citanya adalah makan nasi Padang. Konon ibunya, dikenal di desanya karena pintar memasak tahu bacem, jadi setiap hari Agus makan tahu bacem. Sekali-kali ia ingin merasakan rasanya makan di restoran Padang.

Selagi teman-temannya menuliskan mengenai cita-citanya dengan lancar. Agus butuh lebih banyak waktu. Iya ingin mewujudkan cita-citanya makan nasi padang, dan cita-cita ini tampaknya bisa terwujud sebelum batas akhir tugas dikumpulkan. Untuk bisa makan nasi padang, Agus menabung, bekerja untuk memperoleh uang tambahan dan melakukan berbagai hal lainnya, kadang seolah-olah sedang berulah. Film ini manis, karena menggambarkan proses Agus meraih cita-cita. Meskipun kelihatannya hanya cita-cita sederhana, setinggi tanah, perjuangannya juga tidak mudah. Setidaknya, di usia muda, Agus pernah mencoba mencapai cita-cita. Setelah cita-cita sederhananya ini tercapai, Agus punya cita-cita lainnya dan karena punya pengalaman mewujudkan cita-cita, Agus jadi lebih yakin akan bisa mewujudkannya juga.

No comments: