Ceritaku tentang tidur

Salah satu website saya adalah www.productivemuslims.com . Pernah kan saya bercerita tentang website ini? Atau belum? Lupa. Hehehe...

Di dalam website tersebut ada berbagai tips bermanfaat agar kita bisa lebih produktif. Selain dengan melalui manajemen waktu yang baik, juga dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Di dalamnya juga ada berbagai tips, menjaga kesehatan, makan, membuat jadwal, tentang berbagi waktu dengan keluarga, dan sebagainya. Bagus-bagus sekali deh! 

Ada satu artikel yang membuat saya sangat tertarik yaitu mengenai tidur. Buat saya tidur adalah hal yang sangat penting. Dengan tidur yang cukup, biasanya kita bisa cenderung lebih produktif. Tapi bisa juga sih kita tidur lama tapi tidak berkualitas. Misalnya kalau kita mimpi buruk atau mimpi dikejar-kejar sesuatu. Kalau baangun tidur, rasanya pasti lelah sekali.

Dulu guru mengaji saya mengajari saya membaca Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas sebelum tidur, juga berdoa, berzikir, dan membaca Laillahaillalah sampai tertidur. Biasanya kalau sulit tidur, itu yang saya lakukan dan selalu berhasil.

Setelah membaca artikel ini --> http://productivemuslim.com/productivemuslim-sleep-routine/ saya jadi tahu bahwa ada dua surat lagi yang disarankan untuk dibaca sebelum tidur, yaitu Al-Mulk dan As-Sajadah. Dua surat ini terdiri dari masing-masing 30 ayat. Agak panjang memang dan kendalanya  saya juga belum hafal suratnya. Tapi ada satu hal yang bisa saya lakukan sehingga saya bisa setidaknya mendengar surat-surat ini sebelum tidur. Salah satu caranya adalah dengan menunduh  kedua surat ini dari youtube :


Kita bisa mendengarkan orang (lain) yang membacakan surat tersebut (siapa tahu lama-kelamaan jadi hafal). Bukan hanya itu kita bisa juga melihat terjemahannya. Saya biasanya menggunakan terjemahan berbahasa Inggris. Jadi sambil mendengarkan, kita bisa mencoba memaknai maknanya. 

Kalau punya telepon genggam yang agak canggih, yang bisa digunakan untuk melihat video (seperti Blackberry atau i-Phone),kita bisa memasang videonya di sana. Jadi, kita tidak perlu membuka-buka komputer untuk memutar videonya. Pengalaman saya mendengarkan kedua surat sebelum tidur cukup ampuh. Saya menjadi lebih tenang dan biasanya tidur lebih nyenyak. Mau mencoba?

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)