Gratitude

Dulu, beberapa orang seringkali mengatakan kepada saya bahwa di dunia kerja orang sering sikut-sikutan, saling menjatuhkan, dan sebagainya. Mungkin saya beruntung, tapi kondisi seperti itu jarang sekali saya temui. Pernah sih perlu beririsan dengan orang-orang yang sibuk mementingkan kepentingan pribadi dan suka menjatuhkan orang lain.  Tapi hanya sesekali.

Sesungguhnya justru saya lebih banyak bekerja dengan orang yang bekerja dengan sepenuh hati untuk orang banyak. Saya banyak bekerja dengan para pendidik, juga beberapa aktivis sosial. Di lingkungan saya, orang sibuk membicarakan bagaimana caranya mendukung satu sama lain, bagaimana bisa berbagi, bagaimana bisa menyuport satu sama lain. Semuanya memperkaya batin.

Salah satu kenikmatan bekerja di lingkungan pendidik (bukan hanya guru), adalah untuk bahwa bagi seorang pendidik, being true to yourself is very important. Bagi seorang pendidik yang penting bukanlah label tapi apa yang benar-benar esensial. Saat kita menjadi pendidik kita tidak bisa menjadi orang lain, we have to truly be ourselves. Saya senang, saya bisa bekerja di lingkungan yang tidak sibuk dengan kepalsuan, di lingkungan di mana saya sepenuhnya bisa menjadi diri saya sendiri, tidak menjadi orang lain. Dan yang lebih menyenangkan lingkungan saya menghargai hal tersebut. So I think I have to be very grateful. Thank you! 

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Mengenal Enam Prinsip-prinsip Dasar Pengajaran Matematika di Sekolah NCTM (2000)