Your Love My Love

Salah satu kebahagiaan terbesar saya ketika saya mengajar adalah melihat hubungan persahabatan & kebersamaan antara murid-murid saya. Menurut saya, persahabatan yang berdasarkan rasa saling menyayangi & ketulusan adalah salah satu modal terbesar dalam hidup. Because we can never be successful if we are alone. We need support from many people around us

Saya selalu percaya bahwa kesuksesan bukanlah kerja seorang individu saja. Memang sih untuk bisa sukses kita butuh kerja keras, usaha. Ini memang harus dilakukan sendiri. But that is not enough. Our individual success happens because of the collective work of people who care about us. People who pray for us, who give us advice, who cheer us up when we are down, who pray for us, and love us!

Ada sesuatu yang besar yang terjadi dalam hidup saya beberapa hari ini. Sebuah sukses sederhana. Tentu saja saya ingin segera menyampaikan kabar tersebut ke orang-orang yang saya sayangi, sahabat saya, salah satunya  Mbak Anug yang sekarang sedang menetap di New Zealand (Oh I miss her so much). Saya memilih untuk menulis pesan melalui message facebook. Balasannya membuat saya terharu, "Baru juga diodoain kemaren dah terkabul."

Wah senangnya sahabat saya yang satu itu mendoakan (tanpa diminta), meskipun dia ada di negeri di seberang benua.  Mbak Anug, hanya salah satu orang yang sangat berperan dalam kesuksesan saya ini. Tapi bukan hanya Mbak Anug, ada begitu banyak orang, termasuk di antaranya kedua adik saya (dan adik ipar saya), Emak, Lely, Clefy, Ria, Imoth, Ijal, Arfah, Tante Tila, Om Yoyok, Bu Dewi, Bu Nina, Adenita dan masih banyak lagi yang mungkin tidak bisa saya sebutkan satu-satu. Yang jelas saya bahagia. Bukan hanya karena sebagian yang saya inginkan tercapai tetapi lebih karena saya tahu saya dikelilingi oleh orang-orang yang luar biasa menyayangi saya. It's a blessing. 

Untuk murid-murid saya, setelah mereka lulus sekolah, saya tidak hanya berharap mereka memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Tetapi juga kebijaksanaan yang didapatkan dari interaksi antar manusia yang tulus &penuh kasih sayang.

Lagu Nana Mouskouri yang satu ini tampaknya cocok menggambarkan pandangan saya tentang itu. Bagi saya pribadi lagu ini bukan hanya mengenai kasih sayang antara sepasang kekasih tetapi lebih pada kasih sayang secara umum. Meskipun banyak hal berat terjadi, dengan adanya kasih sayang antara sesama manusia sulit rasanya untuk menyerah. 


"Nation fights with nation

Everyday somewhere

But through every situation

We will not dispair

For we know that our salvation

Is the gift we share
Your love, my love"


Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)