Refleksi (Guru) di Penghujung 2011

Dr. Seuss

Saya sedang membaca ulang sebuah artikel berjudul "Putting Understandings Up Front" karya David Perkins dan Tina Blythe (1994). Ada satu kutipan yang menarik dalam tulisan tersebut :

"They [some teachers] do not press the learners to think beyond what they already know."

yang artinya :

"Mereka [beberapa guru] tidak mendorong pembelajar untuk berpikir melebihi apa yang sudah mereka ketahui."

Kutipan ini menggelitik, dan memancing saya untuk berefleksi di akhir tahun. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepala saya adalah sebagai berikut :

Apakah saya telah membantu siswa saya untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya melebihi kemampuan berpikir mereka sebelumya?-Apakah saya telah berhasil memancing siswa saya untuk menemukan ide-ide baru, pemikiran-pemikiran baru, atau setidaknya melihat hal-hal yang selama ini dilihat mereka dengan sudut pandang yang baru?- Apakah saya telah mendorong siswa saya untuk bisa mencapai sesuatu melebihi ekspektasi mereka? Melebihi apa yang pernah mereka bayangkan?

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah