Observasi

Seorang dosen mekanika yang bernama Pak Bambang pernah membuat saya terkesan. Saat itu saya sedang menemani teman saya untuk mengunjungi ruangannya. Teman saya mau mengkonsultasikan hasil ujiannya dengan sang dosen. Tak lama kemudian dosen saya bertanya kepada saya,
"Kamu tahu apa peristiwa alam yang akan terjadi malam ini?"

Karena saya memang menggemari astronomi amatir, saya tahu kalau akan ada kejadian di mana venus menutupi matahari. Tapi saat itu saya lupa istilahnya.

"Akan ada transit Venus sore ini. Jadi Venus akan menutupi matahari " katanya sambil membuka komputernya menunjukkan kalau , "Kalau tidak mendung, kalian bisa ikut mobil saya ke Boscha setelah ini. Kita bisa melihat transit Venus dari sana."

Sayangnya hari itu mendung. Kami tidak jadi ke Boscha. Tapi saya selalu teringat bagaimana berapi-apinya dia ingin mengajak saya mengamati suatu fenomena alam, belajar, dan bahkan mengajak saya melakukan observasi. Dia punya kecintaan terhadap ilmu pengetahuan. Dia juga punya kecintaan untuk berbagi pengetahuan. Kesan itu selalu teringat di hati saya hingga kini. Dosen saya yang satu ini selalu mengingatkan saya untuk mencintai pengetahuan dan juga berbagi.

Saat saya sidang akhir, dia menjadi dosen penguji saya dan pesan terakhirnya kepada saya adalah agar saya terus mencari pengetahuan.

"Bukan hanya melalui buku dan mempelajari rumus-rumus yang sudah jadi. Melainkan selalu melakukan observasi, melakukan pengamatan. Amati setiap hal satu per satu," begitu katanya. :)

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)