Hanya cerita singkat mengenai Sabtu lalu

Sabtu ini menyenangkan sekali. Meskipun dalam keadaan flu berat, pagi-pagi saya berangkat ke Bandung untuk menuju ke Kalyanamandira. Saya dan 2 orang guru berjanji untuk bertemu di sana pukul 8 pagi karena mau berbincang-bincang dengan Pak Heru Widiatmo via skype. Selain kedua teman guru, ada juga teman-teman dari Kalyanamandira seperti Zamzam, Rahadian, Ilah dan Erus.

Pak Heru Widiatmo adalah mantan peneliti di Puspendik yang akhirnya keluar (frustasi katanya) karena berbagai proyek yang tidak jelas. Ia kini bekerja di American Collage Testing, di Iowa, Amerika Serikat. Kami banyak belajar mengenai cara merancang testing. Lengkapnya nanti saya ceritakan.

Btw, setelah selesai berbincang-bincang dengan Pak Heru dan melakukan diskusi, saya sempat istirahat sebentar saking pusingnya dan terbangun saat teman-teman melakukan sebuah diskusi menarik. Ilah, sedang menyelesaikan kuliahnya di UPI, jurusannya adalah pendidikan mesin. Hayah! Jadi selain membuat tugas akhir terkait permesinan dia juga harus membuat penelitian terkait 'pendidikan mesin'. Seru kan? Saya aja gak pernah kepikiran.

Ilah memiliki ide untuk menuliskan mengenai media pembelajaran online, misalnya untuk mengajarkan mengenai insulasi mesin pendingin. Kami membahas kata-kata kunci satu per satu. Misalnya mengenai media pembelajaran, self learning, termasuk sedikit mengenai konsep insulasi. Saya juga menunjukkan game-game dari website BBC yang disukai oleh murid saya. Mudah-mudahan Ilah menemukan ide dari sana.

Comments

beni said…
wah, diriku juga di Bandung tuh Sabtu lalu. :-D

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)