ADA APA DI RUMAH MENTARI? - Kelas Bahasa Inggris 3 (Rabu, 4 September 2013)

Selain membahas tugas yang dibuat oleh anak-anak di minggu yang lalu 

“Coba lihat gambar di bawah ini! Bisa tebak artinya? Itu ada gambarnya, bisa buat petunjuk. Can you guess what the meanings are?”

Tebakan anak-anak :



neighbourhood = lingkungan --> seharusnya ‘lingkungan tetangga’
clue(s) = petunjuk
whole day through = rotasi bumi à seharusnya ‘sepanjang hari’
important = penting
take a walk = berjalan --> seharusnya ‘berjalan-jalan’
down the streat = trotar --> seharusnya ‘sepanjang jalan’
selling = berjualan
magazines = majalah
(news)paper = koran 

Saya juga menjelaskan bahwa kadang orang cukup mengatakan ‘paper’ saja daripada ‘newspaper’. Keduanya bisa berarti koran, meskipun secara umum ‘paper’ juga berarti kertas.News stand = lapak koranNews dealer = tukang koran


Setelah membahas kosa-kosa kata tersebut, kami membaca sebuah teks, tepatnya sebuah lirik lagu. Judulnya “Who Are The People in Your Neighbourhood?” yang artinya “Siapa Orang-orang di Lingkungan Tetanggamu?”.

Lagu tersebut merupakan lagu yang sering diputar di Sesame Street dalam berbagai versi. Lagu tersebut menggambarkan bahwa di lingkungan kita ada orang yang berkerja di berbagai bidang. Ada berbagai jenis pekerjaan, mulai dari tukang sampah, pemadam kebakaran, guru, apoteker, penjaga perpustakaan, tukang pos, pembuat roti, hansip, dan sebagainya. Ada juga versi khusus, yakni lagu yang menggambarkan orang-orang yang bekerja di malam hari.

Jadi kami membaca lirik lagu tersebut bersama-sama sambil membahas arti dari baris-baris dalam lagu tersebut.  Kali ini saya menggunakan versi yang memperkenalkan orang-orang yang bekerja sebagai guru dan tukang koran. Beginilah lagunya :


Who Are The People in Your Neighbourhood? 

You know there are a lot of people that we haven’t met around the neighbourhood yet?
Let’s see if we can meet a few more, alright?
Oh, who are the people in your neighbourhood?
In your neighbourhood, in your neighbourhood.
Say! Who are the people in your neighbourhood?
They are the people that you meet each day.
Excuse me sir!
Yes, do you know what time it is? We are late for class.
Hey! You must be some of the new people around the neighbourhood.
That is right! We will give you clues of who we are.
We work with blackboard and chalk.And we work usually in a big building.And we work with children.
I know who you are! You’re teachers.
Right! 

Oh, a teacher works the whole day through, to teach important things to you.
We will teach you things you won’t forget. Like numbers and the alphabet.
Because a teacher is a person in your neighbourhood, in your neighbourhood, in your neighbourhood.
Yes, a teacher is a person in your neighbourhood, a person that you meet each day.
Let’s take a walk down the street and see if we can meet some other people, okay!
Oh, hi there! I don’t think we have met him before.
How are you?
I’m alright.
You are alright?
Sure. 
I see you are selling magazines?
Yeah, sure. Magazines, newspaper, anything like that.
You must be the news dealer right?
Of course I am the news dealer.
The news dealer is the man you will need if you want to get some stuff to read.
If you want a paper or a comic book.
Well, my news stand is the place to look.
Because a news dealer is a person in your neighbourhood, in your neighbourhood, in your neighbourhood.
And a teacher is a person in your neighbourhood. They are the people that you meet when you are walking down the street. They are the people that you meet each day.

Setelah membahas artinya, saya meminta anak-anak mendengarkan lagu tersebut. Lagu tersebut ada dalam format mp3. Saya memutarkannya di laptop tapi suaranya kurang keras. Untung seorang anak, Asep namanya membawa telepon genggam yang bisa sekaligus dijadikan USB. Dia meminta saya mengkopikan lagunya di USB tersebut lalu dia memutar lagunya dari telepon genggamnya. Suaranya memang jadi lebih nyaring. Terima kasih Asep!

Kami mendengarkan lagu sambil membaca lirik. Lalu, saya minta anak-anak mencoba ikut bernyanyi. Menurut mereka ada beberapa bagian yang cepat, tapi beberapa bagian bisa diikuti.  Bagian “Oh who are the people in your neighbourhood, in your neighbourhood, in your neighbourhood,” adalah bagian yang paling mudah diikuti. Kami memutar lagunya sekitar 3 kali sambil berusaha bernyanyi walau kadang sedikit fals. Tidak apa-apa.

Saya kemudian mengatakan bahwa sebenarnya saya punya videonya. Videonya bisa dilihat di sini à http://www.youtube.com/watch?v=jwDq32MtOQU

“Mau nonton?” tanya saya. Semuanya mau. Akhirnya video tersebut saya putarkan melalui laptop. “Let’s come a little closer!” kata saya mengajak semuanya mendekat agar bisa melihat video dengan jelas. Memang agak susah melihatnya, tapi lumayanlah!



Saya juga menceritakan bahwa lagu ini memiliki berbagai versi. Versi-versi tersebut bisa dilihat di sini:

Saya memutarkan beberapa versi dan meminta anak-anak membuat daftar nama-nama pekerjaan yang ada di video-video tersebut. Diantaranya :

teacher = gurunews dealer = tukang (penjual) koranlibrarian = penjaga perpustakaanplumber = tukang ledengpharmacist = apotekerevaluator man = penjaga liftletter carrier = pembawa surat (artinya mirip dengan postman = tukang pos)fire fighter =pemadam kebakaran


“How about in our neighbourhood? What do people work as?” tanya saya. Kami membahasnya bersama-sama dan inilah hasilnya:




chef = koki
phone voucher seller = penjual pulsa telepon genggam
cemetery guard = penjaga kuburan 
farmer = peternak 
farmer = petani 
peasant = buruh tani 
gardener = tukang kebun 
golf caddy = caddy golf. 
receptionist = penyambut tamu (di gedung) 
cake seller = penjual kue 
shop owner = pemilik warung 
baker = pembuat kue di toko kue 
 gardener = tukang kebun


Setelahnya, saya mengajak anak-anak mengisi sebuah tabel. Isinya berupa gambar, pertayaan mengenai jenis pekerjaan yang digambarkan di gambar, dan bagaimana mendeskripsikan gambar tersebut. Saya sudah memberikan satu contoh yakni mengenai tukang jamu. Anak-anak diminta mengisi bagian lainnya, serta menambahkan contoh pekerjaan lain. Gambarnya bisa dibuat sendiri.

Beginilah tabelnya :


Kami pun berdiskusi bersama-sama mengenai jawabannya. Diantaranya :

He is a garbageman. He goes from one house to another to collect garbage.
He is a motor-caddy. He brings passengers on his motor-cycle and drive them to places, where they want to go. She is a chef. She cooks food in a restaurant. He is a fisherman. He catches fish.

Waktu telah habis. Seperti biasa saya meminta anak-anak mengungkapkan perasaannya tentang pelajaran hari ini.

“I learn new vocabulary like ‘neighbourhood’.” “I think it is fun because we learn by singing songs although sedikit fals.”"Now I know the names of different kinds of jobs.”“I enjoy today’s lesson.” “I didn’t like English before but now I start to like it. Mulai suka bahasa Inggris. Seru gitu!”

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)