Feb 19, 2012

Buku kecil


Desember lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Nirmala, seorang aktivis lingkungan yang kini bergiat di Zero Emissions Research & Initiatives (ZERI). Nirmala memberikan saya sebuah hadiah sebuah buku kecil yang manis, judulnya 'How can I be the strongest tree in the forest' karya Gunter Pauli. Bukunya kecil sekitar 7 cm x 10 cm sehingga bisa dimasukkan kantung celana. Kertasnya dari potongan kertas sisa di percetakan yang dicapatkan secara cuma-cuma. Bisa potongan kertas tersebut dilipat-lipat sehingga membuat buku. Lucu banget.

Ceritanya juga sederhana tetapi indah. Ini salah satu kutipan favoritku :
"All contribute to be the strongest, some are small, some are ugly, some I do not know the difference between their head or tail"

Intinya ketika pohon memiliki banyak daun, dia akan mendapatkan lebih banyak energi dari matahari. Lalu sisa-sisa daunnya akan jatuh ke tanah. Cacing, semut, jamur akan mengolah sisa daun tersebut dan itu akan menjadi makanan untuk pohon. makanan tersebut memungkinkan pohon menumbuhkan semakin banyak buah. Buah tersebut akan mendatangkan burung. Burung akan menjatuhkan kotoran yang akan membuat tanah semakin subur. Pohon pun akan menjadi lebih kuat sehingga bisa membantu tersedianya air tanah. Air membantu tumbuhnya bunga-bunga. Semakin banyak bunga, semakin banyak lebah yang datang. Semakin banyak lebah, semakin banyak penyerbukan. Semakin banyak penyerbukan semakin banyak makhluk hidup baru dan juga makanan untuk semua.

No comments: