Nov 4, 2011

RPP Karakter Bangsa dan Kewirausahaan



Saya baru membaca salah satu contoh RPP Karakter Bangsa dan Kewirausahaan. di dalamnya ada Indikator Karakter Bangsa dan Kewirausahaan, juga ada Rubrik Penilaian Karakter Bangsa dan Kewirausahaan. Saya jadi bertanya-tanya? Apa benar perlu seperti itu?

Ini pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepala saya setelah membaca RPP itu :
1) (Lihat yang diwarnai kuning) Apa memang perlu dituliskan seperti itu?

Kegiatan Awal (10 menit)
· Guru mengecek kehadiran siswa.
· Dengan rasa ingin tahu, siswa berpartisipasi aktif dalam tanya jawab tentang kesulitan materi pada pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti (40 menit)
· Melalui tanya jawab yang komunikatif dan bersahabat, guru membimbing siswa mendiskusikan cara menanggapi berita. (Eksplorasi)
· Melalui diskusi yang komunikatif, guru dan siswa mendiskusikan pengertian bentuk-bentuk tanggapan terhadap berita atau informasi yang disampaikan (Elaborasi).

2) Di dalam RPP saya melihat ada rubrik penilaian karakter bangsa dan kewirausahaan. Apakah memang relevan membuat rubrik seperti itu? Kenapa karakternya dinilai dalam angka-angka semacam itu? Misalnya untuk aspek komunikatif. Dalam salah satu rubrik, indikator untuk siswa yang komunikatif adalahmenjawab pertanyaan teman dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan. Bagaimana kalau ada siswa yang mengajukan pernyataan, tetapi tidak ada satu pun temannya yang memahami pernyataan tersebut. Apakah itu bisa disebut komunikatif? Bukannya ada banyak aspek yang bisa menandakan siswa komunikatif ataupun tidak. Apakah indikator tersebut benar-benar bisa digunakan untuk menilai apakah siswa komunikatif atau tidak? Apakah memang harus dinilai secara kuantitatif seperti itu?

3) Di bagian indikator (lihat) gambar di kanan tabel, ada indikator karakter bangsa dan kewirausahaan. Apa memang perlu dituliskan dalam RPP? Apa relevan?

No comments: