May 16, 2016

WikiEdu Indonesia akan Launching!


Sabtu ini, saya bersama sejumlah teman-teman akan launching sebuah portal online baru. Namanya WikiEdu Indonesia. Sampai saat ini, sudah nyaris 100 orang mendaftar untuk mengikuti launching WikiEdu Indonesia. Perasaan saya? Degdegan juga. Rasanya tidak percaya bahwa kami akan segera launching.  Fiuh...

WikiEdu Indonesia adalah sebuah portal media informasi online mengenai istilah-istilah pendidikan dalam bahasa Indonesia yang sederhana dan mudah dimengeti. Siapa yang mengisi portal tersebut? Yah keroyokan, layaknya sebuah Wiki. Diisi bersama untuk bersama. (FB Group-nya : https://www.facebook.com/WikiEdu-Indonesia-221715288218893/?pnref=story )

Bagaimana sih munculnya gagasan WikiEdu Indonesia. Saya kasih tahu yah. Idenya datang dari seorang Ibu-ibu. Sebut saja namanya Ibu Provokator. Si Ibu Provokator tiba mengirimkan WA pada sejumlah pegiat pendidikan mengenai idenya membuat sebuah Wiki.  Siapa tahu ada yang mau bantu mewjudkannya. 

Saya pikir ide Si Ibu Provokator itu cukup bagus. Jadi saya mau mendukungnya. Beberapa teman-teman pegiat pendidikan yang lain pun mau mendukungnya juga. 

Mungkin kelihatannya gagasannya sederhana. Tapi, untuk konteks Indonesia, Wiki bisa jadi sangat berguna. Beberapa kali, saya terlibat dalam pembahasan undang-undang dan peraturan mengenai pendidikan (termasuk naskah akademiknya), dan seringkali ada berbagai istilah spesifik terkait pendidikan yang ada di dalam naskah-naskah tersebut. Tidak jarang,  penjelasan yang ada sulit untuk dipahami (dan tidak selalu tepat).Bahkan bisa saja ada dua (atau lebih) istilah yang sama di peraturan yang berbeda tapi arti istlah tersebut bisa sangat berbeda. Nahlo?

Di dalam dunia pendidikan ada banyak istilah spesifik, seperti RPP, SKL, assessment for learning, integrated learning, SK, KD, remedial dan banyak istilah lain. Bagi pembuat kebijakan, praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, penulis berita pendidikan, memahmi istilah-istilah tersebut  penting. Lah, pekerjaannya memang terkait dengan istilah-istilah tersebut.

Sayangnya referensi mengenai berbagai istilah pendidikan tersebut, yang berbahasa Indonesia seringkali terbatas dan tidak selalu mudah diakses.  Jadi, alangkah menyenangkannya kalau ada sebuah portal online yang berisi berbagai istilah pendidikan tersebut, disertai penjelasan yang sederhana dan contoh. 

Tentu saja, si ibu provokator tersebut tidak punya waktu untuk menuliskan sendiri konten dari portal tersebut. Jadi, beliau mengusulkan sebuah konsep wiki. Menulis kontennya ramai-ramai. Jadi lebih sederhana kan? 

Oke.. oke awalnya kelihatannya gagasan ini sangat sederhana untuk diwujudkan. Kenyataannya? Ternyata mewujudkan gagasan ini jauh lebih kompleks daripada yang disangka sebelumnya. Siapa yang mau meluangkan waktu untuk membuat website-nya? Siapa yang mau memulai untuk menuliskan konten-nya? Siapa yang mau mengajak banyak orang lain untuk mengisi kontennya?Editing-nya bagaimana? Bagaimana caranya memastikan kualitas kontentetap baik? Ternyata membuat wiki adalah urusan yang lebih serius dari yang kami sangka sebelumnya.

Untungnya bantuan datang. Beberapa guru muda yang bersemangat bercerita bahwa mereka  'gatel' pengin ngapain gitu. Mereka mau mengisi waktu luang mereka untuk berpartisipasidi bidang pendidikan. Saya pun ikut-ikutan jadi provokator. Saya tanyakan pada mereka "Ikut bikin semacam wiki mau ngak?" 

Dan, mereka mau loh! Mudah-mudahan mereka tidak menyesal yah saya cemplungkan begitu. Hehehe..

Jadi, saya perkenalkan mereka dengan Ibu Provokator. Guru-guru muda tersebut bersedia membantu mengisi beberapa konten awal. Setidaknya agar sebelum launching, wiki-nya sudah ada isinya. Tak perlu banyak, tapi setidakya 'ada'.

Pertemuan dengan Ibu provokator terjadi di Jakarta Convention Center (JCC). Di sebuah kafe di sana, kami brainstorming sebanyak-banyaknya mengenai berbagai istiliah pendidikan yang sering digunakan. Saya lupa jumlahnya, tapi istilah yang terkumpul ada 100 lebih. 

Kemudian kami membagi-bagi tugas untuk mempelajari arti istilah tersebut dan menuliskannya. Selama beberapa bulan kami sering bertemu di akhir pekan untuk sama-sama belajar mengenai berbagai istilah yang ingin dimasukkan ke dalam wiki. Kadang kami bekerja di perpustakaan, kadang di kafe, dan pernah juga kami sama-sama dikarantina selama 2 hari untuk mengisi konten wiki.

Ternyata tidak mudah teman-teman! Kadang sehari, kami hanya berhasil menyelesaikan satu halaman (itu juga sudah bagus). Kadang untuk mempelajari satu istilah kami baca lebih dari satu buku. Semakin banyak baca, kadang tidak membuat kami lebih mudah menuliskan makna istilah tersebut. Kadang malah lebih sulit. Tapi seiiring dengan waktu, konten websitenya bertambah. Lumayanlah!

Oh iya,waktu itu, kami belum punya website. Jadi kami memanfaatkan google drive untuk menuliskan berbagai konten-konten tersebut. Tapi begitulah, kadang ketika sedang bekerja, google drive-nya nge-hang.

Untungnya ada seorang  anak muda lain, yang bersedia untuk menjadi relawan untuk membuat website-nya . Dia membuatka kami sebuah wiki yang bisa langsung kami gunakan. Mengisi konten di sana jauh lebih mudah daripada menggunakan google drive. Setelah beberapa konten terisi, kami pun rapat lagi dengan ibu provokator. Beliau telah mengajak lebih banyak orang untuk terlibat. Kami pun punya tim baru. 

 Ada yang membuat logonya, ada yang membuat publikasinya, ada yang bagian promo di media sosial seperti di group FB-nya, ada yang membantu merapikan sistematika bekerja kami, dan banyak lagi. Semuanya relawan.

Kami pun rapat lagi. Dari hasil rapat, kami memutuskan untuk menetapkan tanggal launching. Tanggal 21 Mei 2016. Kata ibu provokator dengan adanya tanggal tersebut, kita mau tidak mau akan berusaha membuat portalnya 'jadi'.

Tanggal launching semakin dekat. Saya sempat mengira bahwa tanggal launching akan diundur. Rasanya masih banyak yang perlu dikerjakan.

Tapi ternyata tidak saudara-saudara! Kami tetap akan launching pada 21 Mei 2016. Sampai saat ini ada nyaris 100 orang yang telah mendaftar untuk mengikuti kegiatan launching. Tanggalnya sudah semakin dekat. Well, it's actually happening. We are making a wiki! 

Saya masih meraba-raba bagaimana masa depan wiki ini.Ternyata proses membuat wiki ini cukup panjang dan rumit.Setelah launcing pasti akan ada lebih banyak lagi yang harus dikerjakan. Mudah-mudahan akan banyak yang membantu membuat visi kami jadi kenyataan.  Membuat sebuah portal online berisi istilah-istilah pendidikan, yang mudah-mudahan akan  berguna bagi teman-teman pendidik, pembuat kebijakan pendidikan, teman-teman media, dan siapapun yang membutuhkan. Doakan kami yah!

1 comment:

hidupversibeta said...

salam kenal bu dhitta,
kami ingin undang ke acara kajian ramadhan di kantor
saya tertarik setelah baca buku MPBP (bareng pak J.Sumardianta)
bisa share no.contactnya ?
saya coba email dan twitter tp blum bisa dpetn responnya :)
terima kasih
*abdillah | 0817138801