This is about men

Belum lama ini, teman saya memergoki serang pria yang merekam paha perempuan dengan handphone. Perempuan tersebut memang mengenakan rok mini. Mungkin memang sedikit 'mengundang' tapi tentu prilaku tersebut tidak dapat dibenarkan.

Seorang teman laki-laki saya pernah tertawa menceritakan bagaimana dia dan teman-temannya yang lain memotret seorang perempuan tapi bukan wajahnya yang dipotret tapi payudara. Dan ini, temannya sendiri! Saat itu sata speechless, tak tahu harus berkata apa.

Seorang teman saya lain, saat bekerja di pertambangan, dicolek pantatnya oleh atasannya padahal dia mengenakan baju yang sangat sopan.

Teman saya lain mengenakan hijab tapi saat menunggu bus seorang pria mencoba memegangnya.

Seorang perempuan lain sempat hampir mengalami sexual abuse, tapi ia disalahkan karena katanya perempuan suka cari perhatian dan kecentilan. Come one this lady is scared to death!

Rasanya hampir semua perempuan pernah mengalam kejadian yang tidak mengenakan yang berhubungan dengan sexual abuse, baik dalam kata-kata maupun sikap. Tidak bermasalah seberapa sexy ia berdandan ataupun seberapa sopannya, kadang hal-hal tersebut tetap terjadi.

Saya sendiri pernah beberapa kali ketakutan. Seorang bapak-bapak tua pernah mencoba mencium saya saat saya masih sangat muda. Seorang teman sejurusan saya pernah membuat saya ketakutan karena menghalangi saya keluar pintu dengan pantatnya dan mencoba memegang bahu saya. Dan belum lagi joke-joke yang sexist, yang berhubungan dengan kata cium, peluk, dan lelucun-lelucon nakal dan menjurus. It's not funny you know! Rasanya bukan hanya saya, tapi banyak perempuan yang merasakannya. Come on you guys! Can't you differ a funny joke from a sexist one?

Banyak laki-laki, sekolah tinggi-tinggi, membaca buku-buku tentang gender, tapi gak tahu caranya menghormati perempuan. Nothing more I can say, than damn you guys! Damn you!

Saya selalu berpikir bahwa seorang laki-laki yang tidak tahu caranya menghormati seorang perempuan berarti tidak menghormati ibunya. In my list, a big no!

*Menumpahkan kekesalan karena joke yang sexist!*

Comments

rime said…
gua pernah baca, katanya memberi siulan saat seorang perempuan sedang melintas termasuk sebuah pelecahan..

berarti setiap hari di setiap gang kota telah terjadi pelecehan.

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Mengenal Enam Prinsip-prinsip Dasar Pengajaran Matematika di Sekolah NCTM (2000)