Jun 25, 2007

Pertemuan Taman Bacaan

Kemaren seru banget deh

Jadi ceritanya ada sejumlah taman bacaan taman bacaan kecil yang berkumpul di Komunitas Taboo. Ide awalnya sangat sederhana. " Sharing" Yakni mempertemukan pengelola taman bacaan yang satu dengan yang lain untuk sharing pengalaman. Meskipun sederhana. Tetep seru abis loh!!

Jadi ceritanya ada sekitar enam taman bacaan di daerah Jawa Barat yang dateng ditambah teman2x dari Perpustakaan Amalthea, Pustakalana, Kalyamandira, Reading lights, teman-teman dari pesat, dan Taboo juga.

Acara pertama icebreaking. Games gethulah...
Abis itu masing-masing taman bacaan diminta untuk menggambarkan taman bacaan mereka di sebuah kertas buram besar.

Abis itu cerita deh tentang taman bacaan mereka masing-masing. Bukunya ada berapa, tempatnya kayak apa, yang suka dateng umur berapa aja, jam buka, masalahnya di tempat masing-masing apa.

Sharing2x n saling ngasih masukan gethu deh..

Beberapa taman bacaan ini mulai dengan buku yang gak bisa dibilang banyak. ada yang mulai hanya dengan 30 buku loh. Ruang yang dipake pun macem2x. Ada yang nebeng di sekolahan ( di desa Mekarwangi), ada yang make ruang tamunya seorang ibu, dan ada juga yang make halaman, jadi kalo malem, buku2x ditaruh dikamar anaknya, tapi kalo siang ampe sore, bukunya dikeluarin dan ditaruh di halaman sebuah meja di halaman rumah. Anak-anak bisa baca di mana aja, di dalem rumah, di halaman, di bawah pohon, terserah. Pokonya sederhan2x banget tapi semangatnya teman2x itu loh dalam menyediakan bacaan buat sekitarnya. Top abies..

Selain itu juga da cerita mengenai masalahnya masing2x, misalnya kemampuan membaca masyarakat sekitar, trus buku yang terbatas sehingga perpus menjadi lebih sepi karena anak-anak yang dateng udah baca nyaris semua, bingung ide kegiatan, dan macem2x lagi.

Masing2x komunitas pun ngasih saran satu sama lain. Misalnya ide kegiatan lain seperti membacakan cerita, menggambar, mengajak anak jalan2x ke lingkungan sekitar, dan banyak lagi.

Setelah sesi sharing ini ada break. makan2x, minum, n shalat gethu deh..

Abis itu ada games lagi. Semacam games untuk mengenal teman2x yang datang lebih dekat lagi..

Abis itu, temanku Jodi memberi contoh cara mendongeng dengan bantuan whiteboard , dan spidol. sambil cerita, dia ngebikin gambar2x yang belum diselesaikan. Trus meminta si peserta buat nebak kira2x dia mau gambar apa. Abis itu ceritanya dilanjutin lagi sambil diselesaiin gambarnya. Tiap tokoh yang digambar pun diberi nama. peserta yang diminta memberi nama. Trus abis itu diterusin deh ceritanya.

Abis itu perserta dibagi menjadi kelompok2x yang terdiri dari masing2x dua orang dan 1 fasilitator. Dan tiap kelompok diminta merancang ide baru untuk taman bacaannya kelak.

Ada yang punya ide ngajakin anak2x bikin gambar trus nanti gambarnya dipajang di tali jemuran, trus ngajak anak bikin tempat sampah, ada yang bikin contoh dekorasi pake origami yang rencananya bisa jadi hiasan buat taman bacaannya, ada yang punya ide ngedongeng menggunakan gambar yang dibuat dari kertas yang diwarnain dan lain2x.

Well, abis itu acar selesai deh. Tiap peserta dikasih kado, klo gak salah dari reading lights, ama 1001 buku berupa peralatan semacam lem, gunting, krayon, kertas lipet, n karton, n juga satu plastik buku cerita.

Abis itu foto2x n pulang deh...

Seru.. seru!!

PS : Postingan sejenis dalam bahasa inggris bisa dilihat di http://abc-mahkotalima.blogspot.com/

1 comment:

wiku said...

Minta alamat taman bacaannya dong :) HEheheheh... saya paling suka mampir ke TB soalnya kalo tar ga ada kerjaan :p Thanks yak