Pengalaman Belajar Membaca Waktu Kecil




Saya sebenarnya tidak pernah dan agak segan menceritakan pengalaman ini di publik. Namun, saya rasa pengalaman ini bisa mungkin akan berguna bagi beberpa teman-teman di sini. Pengalaman tentang pengalaman belajar membaca ketika saya masih kecil.

Ketika saya kecil, kedua orang tua secara bergantian membacakan saya buku setiap hari. Dari bayi sampai saya umur 6 tahun. Hampir tidak pernah absen. Sampai sekarang saya sangat tidak habis pikir, kenapa kedua orang tua saya bisa setekun itu. Di usia 6 tahun, saya ingat dibacakan buku yang lumayan tebal dan tidak bergambar. Kisah tentang Helen Keller. Di bagian belakangnya ada beberapa contoh huruf Braile yang bisa saya sentuh dengan tangan. 

Di masa itu saya tidak tinggal di Indonesia karena kedua orang tua berkuliah. Buku-buku yang saya baca, ada yang koleksi sendiri, ada yang pinjaman sekolah dan ada yang didapatkan di perpustakaan umum. Perpustakaan buat saya seperti tempat bermain saja. Ada bagian buku anak-anak, setting ruangannya berwarna-warni, dan seingat saya di perpustakaan tersebut ada mainannya. 

Itu tahun 1991 (dan sebelumnya)  Menariknya, di zaman itu, kita bisa meminjam buku anak yang juga disertai kaset yang isinya orang yang membacakan buku anak tersebut (kalau di zaman sekarang sesuai audio books). Jadi, sambil membaca buku, kita bisa mendengarkan orang lain membaca juga. Biasanya juga ada bunyi bel atau nada tertentu yang merupakan tanda bahwa kita perlu membalik halaman.  Baik pengalaman dibacakan orang tua, maupun membaca buku sambil mendengar audio books tampaknya punya pengaruh besar terhadap kecintaan saya terhadap buku bacaan dan buku anak-anak (yang masih saya nikmati sampai sekarang). Dalam konteks Indonesia, rasanya akses terhadap buku-buku anak dan berbagai tulisan  yang indah lainnya perlu diperbanyak. Caranya bagaimana, saya tidak tahu.

Oh iya, saya tadi mencoba mengintip perpustakaan tempat saya bermain sambil belajar di masa kecil. Perpustakaannya masih ada tapi mungkin sudah banyak perubahan. Ini linknyaa.  

Comments

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Belajar Tentang Keliling Bangun Datar Memecahkan Masalah