Freedom Writters

Lucu bangeth dhe, baru seminggu ini aku nemu site tentang “Freedom Writers”, kebetulan siteny http://www.freedomwritersfoundation.org . Ceritanya ada seorang guru, yang memanfaatkan ceritanya, Anne Frank’s Diary, untuk memotivasi murid2xnya nulis. Terlepas dari bener enggaknya cerita holocaust, intinya si guru ini memperlihatkan bahwa Anne Frank’s Diary menceritakan kehidupan sehari2x, n tiap murid-muridnya punya cerita sehari-hari yang berbeda-beda juga. Kebetulan si guru ini megang kelas anak buangan, nyaris DO, bermasalah, penuh isu rasisme n kacaulah. Akhirnya si guru memotivasi anak2xnya nulis tentang keseharian mereka, “You can write about your past, your pesent, or your future!” katanya. Akhirnya tulisan anak2xnya ini dibukuin. Such a simple idea but ternyata pada akhirnya sangat mempengaruhi hidup murid2xnya.

Ternyata Sabtu kemaren pas aku lagi jalan2x aku nemu DVD yang judulnya ‘Freeedom Writters” dan ternyata ceritanya adalah tentang True Story yang kutemuin di website pada minggu yang sama. Kebeneran banget gak sih?

Well, walaupun ceritanya enggak menggambarkan proses bagaimana si guru berhasil ngajak muridnya menulis secara total, tapi bisa bikin aku nangis loh (hihihi malu ngakuinnya). Kebayang deh jadi guru di daerah sub-urban yang penuh dengan masalah kekerasan, isu-isu mengenai rasisme (di sana ceritanya ada permusuhan anatara anak2x asia, kulit hitam, dan hispanik), tembak-tembakan, obat2xan terlarang n macem-macem. Aku sempet baca di majalah, salah satu permasalahan di Amerika Serikat mengenai guru adalah bahwa banyak yang jadi guru tapi banyak juga yang ‘gak tahan’ jadi guru di daerah sub-urban (jadinya banyak yang keluar dari profesi guru).

Huhu.. i think this is a nice movie, i recomand you to watch. Siapa tau abis nonton ini, dapet ‘ide-ide lainnya’ dalam masalah pendidikan sesuai lingkungan masing2x.

Oia, seorang sahabat ngerekomendasiin site2x lain tentang freedom writters

http://en.wikipedia.org/wiki/Erin_Gruwell
www.youtube.com/watch?v=OYDbxJLMrY0 --> video erin gruwel yg asli pas nagajr pertama kali.. bisa di download dhe kayaknya
http://www.smartvoter.org/2000/03/07/ca/state/vote/gruwell_e/bio.html --> full biografinya

Kalo udah pada nonton. kontak2x aku buat cerita2x pendapatnya yah!!

Comments

Anonymous said…
hiks... ga bisa dibuka put websitenya.... dihadang sama si penjaga cumi... :(

btw, ini post informatif banget.. :)
mircit said…
dhiitt, penasaran ama DVDnya, terima kasih buat infonya yah dhittaaa, btw td eke baru jalan ama adekmuuu, pulang dong liburan niyy

Popular posts from this blog

Membaca "The Present Takers", Sebuah Novel Tentang Bullying

Memahami Pembelajaran Terintegrasi (Bagian 1) : Definisi & Manfaat Pembelajaran Terintegrasi

Standar Konten dan Standar Proses (NCTM, 2000)